Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pengawasan harga barang di Pasar Mandailing Natal

Batubara, Alimin Paldi (2023) Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pengawasan harga barang di Pasar Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810300042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Pengawasan Harga Barang di Pasar Mandailing Natal merupakan lembaga yang berperan dalam pengawsan harga barang berdasarkan peraturan bupati mandailing natal no 57 Tahun 2016, tentang kedudukan, susunan Organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Perdagangan Kabupaten Mandailing NatalPasal 9 Ayat (2) menyatakan bahwa pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan kegiatan dan informasi pasar dan stabilisasi harga. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pengawasan harga barang di pasar Panyabungan Mandailing Natal dan kendala apa yang dihadapi Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam pengawasan harga barang di pasar Panyabungan Mandailing Natal. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. penelitian kualitatif ini adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. secara horistik dan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Mandailing Natal berperan dalam melakukan pengawasan harga barang sembako di pasar panyabungan, mereka laksanakan dengan cara memantau secara langsung ke pasar yang ada di pasar panyabungan dan melakukan dialog dengan para pedagang terkait dengan pengawasan harga sembako yang pelaksanaannya dilakukan setiap hari serta mengadakan operasi pasar dan pasar murah/ pasar penyeimbang sebagai langkah pengawasan terhadap antisipasi melambungnya harga sembako di pasar panyabungan, disamping itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga memberikan pembinaan kepada para pedagang. Adapun kendala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan adalah kurangnya sosialisasi peraturan Bupati nomor 57 tahun 2016 pasal 9 ayat 2 tentang pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan informasi pasar dan stabilisasi harga dan kesadaran pedagang di pasar Panyabungan masih kurang. Dikarenakan banyaknya pedagang yang menjual barang dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, sehingga membuat para pedagang lainnya ikut menaikkan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmatnijar, M.Ag dan Dermina Dalimunthe, S.H., M.H
Keywords: Peran; Dinas Perindustrian dan Perdagangan; Pengawasan harga barang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 09:11
Last Modified: 15 May 2024 09:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10470

Actions (login required)

View Item View Item