Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi transformasi geometri kelas xi SMA

Ritonga, Marhamni (2023) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi transformasi geometri kelas xi SMA. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Pro 8 dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar, kurangnya motivasi peserta didik serta kurangnya penggunaan media teknologi dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Pembelajaran biasanya dilakukan dengan menggunakan sumber belajar berupa buku paket yang terbatas dan tidak setiap siswa memilikinya. Guru sebagai sumber utama belajar menjelaskan materi dengan bantuan papan tulis sebagai media. Menurut sebagian siswa pembelajaran tersebut membosankan. Sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika khususnya materi transformasi geometri. Selain itu media juga dapat membantu siswa untuk mengulang materi dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif sebagai media pembelajaran yang variatif pada pelajaran matematika. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada materi transformasi geometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Sesuai dengan nama model pengembangannya, penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan tes. Angket ditujukan kepada validator, peserta didik dan guru. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran diperoleh kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh kriteria sangat valid. Sehingga media telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri. Adapun hasil analisis respon peserta didik dan guru terhadap kepraktisan media memperoleh kriteria sangat praktis. Kemudian, uji keefektifan media dilakukan dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score pada hasil uji pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh pada uji keefetifan ini adalah media telah cukup efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Macromedia flash
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:59
Last Modified: 29 Apr 2024 04:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item