Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan LKPD menggunakan project based learning berbasis web pada materi SPLDV terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP/MTs

Chania, Widya (2023) Pengembangan LKPD menggunakan project based learning berbasis web pada materi SPLDV terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan didalam memahami konsep maupun menyelesaikan soal matematika. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang ada disekolah seperti LKPD, guru pelajaran matematika hanya menggunakan buku paket untuk pedoman pembelajaran. Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD dengan menggunakan model project based learning berbasis web. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD menggunakan project based learning berbasis web pada materi SPLDV terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui valid, prakatis, dan efektinya LKPD menggunakan project based learning berbasis web pada materi SPLDV terghadap pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. LKPD menggunakan Project Based Learning berbasis web pada materi SPLDV dikembangkan melalui tahapan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Serta diuji cobakan kepada siswa kelas VIII-7. Subjek uji coba dilakukan di SMP N 5 Padangsidimpuan, yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian oleh para ahli LKPD yang dikembangkan layak dijadikan sebagai salah satu bahan ajar Matematika untuk peserta didik kelas VIII. Berdasarkan penilaian seluruh aspek kevalidan LKPD ditunjukkan dengan nilai 82% nilai ini didapat dari nilai rata-rata ketiga validator lalu dikali seratus persen, dan dikategorikan sangat valid. Kepraktisan dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 83,5% nilai ini didapat dari nilai rata-rata penilaian guru dan angket respon 31 peserta didik lalu dikali seratus persen dan dikategorikan sangat praktis. Kemudian, efektivitas dari seluruh nilai hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai 84,9% nilai ini didapat dari nilai rata-rata tes soal yang diberikan lalu dikali seratus persen dan dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: LKPD; Project based learning; Web; Pemahaman konsep; SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:42
Last Modified: 26 Apr 2024 08:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item