Lubis, Agung Saputra (2018) Pelayanan terhadap konsumen di PT. Sibuluan Indah Pratama Travel Aceh Singkil: perspektif hukum perlindungan konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1410200001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (849kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pelayanan yang mereka tawarkan membuat para konsumen tergiur akan hal tersebut. Akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya dimana para konsumen dibuat bingung, sebab tidak sesuainya pelayanan yang ditawarkan dengan yang diberikan oleh travel kepada konsumen. Seringmenimbulkan kerugian baik dari waktu, fasilitas dan pelayanan itu sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan PT. SBI travel Aceh Singkil kepada konsumen dan bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen di PT. SBI Travel Aceh Singkil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah diatas. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu hukum ekonomi syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hukum pelayanan, perlindungan konsumen dan ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah direktur harian SBI Pratama Aceh Singkil, mandor SBI Pratama Aceh Singkil dan konsumen yang menggunakan jasa layanan travel tersebut. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada konsumen tidak sesuai dengan yang telah janjikan serta melanggar undang-undang yang telah di tetapkan pemerintah daerah dalam pasal 1 angka 17 menyebutkan mobil pennumpang adalah setiap kenderaan bermotor yang dilengkapi sebanyak-banyaknya 8 tempat duduk tidak termasuk tempat duduk pengemudi, baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi. Akan tetapi kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya dimana sering terjadi penumpukan penumpang yang melebihi muatan hal terbsebut mengakibatkan penumpang berdesakan dengan fasilitas travel yang tidak sesuai dengan standar kelayakan kenderaan. Bahkan tidak jarang penumpang di oper ke travel lain dengan berbagai alasan. Perlindungan hukum yang perusahaan berikan kepada konsumenjika terjadi kecelakaan di jalan diserahkan sepenuhnya kepada pihak jasaraharja untuk mengatasi hal tesebut, tidak ada sangkut paut kepada pihak perusahaan hal ini mengakibatkan perusahaan lepas tangan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelayanan konsumen; Hukum perlindungan konsumen |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 16:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 16:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1045 |
Actions (login required)
View Item |