Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan air mineral pada CV. Madina Murni Panyabungan

Febriani, Yuni (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan air mineral pada CV. Madina Murni Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan asing yang sejenis, serta untuk lebih meningkatkan volume penjualan perusahaan, maka perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran yang ampuh agar dapat bertahan di era persaingan yang semakin ketat ini, untuk itu melalui pendekatan analisis SWOT maka perusahaan akan mengetahui faktor internal dan ekternal perusahaan, serta dapat mengetahui langkah selanjutanya yang digunakan dalam persaingan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada perusahaan CV. Madina Murni Panyabungan. Serta untuk menentukan kebijakan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini digunakan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Madina Murni. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan matriks EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi internal CV. Madina Murni memiliki nilai 3.13 yang dapat diartikan kekuatan perusahaan baik dengan penilaian skala likert. Sedangkan pada posisi eksternal CV.Madina Murni memiliki nilai 2.89 yang dapat diartikan nilai peluang dan ancaman yang cukup dengan penilaian skala likert. Posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I, ini menunjukkan perusahaan berada pada fase pertumbuhan usaha, hasil ini dibuktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT. Strategi yang tepat diterapkan perusahaan CV. Madina Murni adalah strategi SO (Strength Opportunities).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Indah Permatasari Siregar, M.Si
Keywords: Strategi pemasaran; Bauran pemasaran; Analisis SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:31
Last Modified: 26 Apr 2024 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item