Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kawasan pariwisata Pantai Batu Rusa Indah dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat

Anisah, Zulfa (2023) Kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kawasan pariwisata Pantai Batu Rusa Indah dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan Pembangunan Sarana Dan Prasarana kawasan pariwisata adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas objek wisata di suatu daerah. Pembangunan Sarana dan prasarana dikembangkan untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat yang berada disekitar daerah wisata, tercapainya kesejahteraan ekonomi masyarakat dilihat dari pemerataan ekonomi yang dibantu oleh pembangunan sarana dan prasarana kawasan pantai seperti yang dilakukan di kawasan pantai batu rusa untuk meningkatkan daya tarik wisata yang dapat mempengaruhi minat pengunjung ke daerah wisata. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kawasan pariwisata Pantai Batu Rusa Indah Di Desa Tabuyung, yang sudah ada dapat mempengaruhi terhadap peningkatan pengunjung dimna apabila terjadi peningkatan pengunjung maka akan terjadi pula peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak disekitar Pantai Batu Rusa Indah Desa Tabuyung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan suber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada kepala desa tabuyung selaku pemerintahan desa, masyarakat terdampak atau pelaku usaha, dan pengunjung. Hasil Penelitian yang dilakukan terhadap kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kawasan pariwisata pantai batu rusa indah desa tabuyung dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat berjalan efektif. Hl ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengunjung dan pendapatan masyarakat terdampak yang berada di kawasan pantai yang menjadi pelaku usaha. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembangunan sarana dan prasarana terhadap mina pengunjung dan peningkatan jumlah pengunjung dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Replita, M.Si dan Ida Royani, M.Hum
Keywords: Kebijakan pembangunan; Kawasan pariwisata; Peningkatan ekonomi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:19
Last Modified: 26 Apr 2024 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item