Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan konseling cognitive behavioral therapy dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Ardianti, Fenni (2023) Penerapan konseling cognitive behavioral therapy dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini mendeskripsikan mahasiswa perantauan yang melanjutkan pendidikan di luar daerah asal untuk menjalani kehidupan secara mandiri dan dukungan dari keluarga, tentu akan ada mahasiswa perantauan yang mengalami culture shock atau keterkejutan budaya. Maka dari itu pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini untuk membantu penyelesaian permasalahan culture shockadalah melaluipenerapan konseling cognitive behavioral therapy untuk mengubah pola pikir dan asumsi yang salah berdasarkan pikiran dan perilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga memunculkan pola pikir yang positif untuk terampil beradaptasi. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan dalam penelitian ini adalah kondisi mahasiswa perantauan dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan, pelaksanaan konseling cognitive behavioral therapy dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan, dan hasil penerapan konseling cognitive behavioral therapy dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan lapangan (action research), dengan mengunakan teknik purposive samplinguntuk menentukan informanpenelitian. Penelitian tindakan lapangan dibagi menjadi 2 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Informan penelitian terdiri dari 5 orang mahasiswa perantauan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.Hasil penelitian penerapan konseling cognitive behavioral therapy dalam mengatasi culture shock pada mahasiswa perantauan di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang menerapkan teknik konseling kelompok kepada mahasiswa perantauan, Mahasiswa perantauan sebelum dilakukan konselingcognitive behavioral therapymasih mengalami kesulitan dalam berbahasa, selalu merasa tidak punya teman, kesulitan dalam bergaul, sering merasa tersinggung, suka menyendiri, merasa cemas atau khawatirdan merindukan kampung halaman. Setelah dilakukan konseling cognitive behavioral therapy kini mahasiswa perantauan sudah berubah secara signifikandan mulai terampil mengontrol diri agar menjadi terbiasa, dapat berbaur dengan teman sebaya dan sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Sebelum penerapan konseling cognitive behavioral therapy awalnya mahasiswa perantauan mengalami aspek kognitif 100% culture shock, aspek emosi 60% culture shock dan aspek perilaku 100% culture shock. Setelah dilaksanakan konseling cognitive behavioral therapymengalami perubahan aspek kognitif 20% culture shock , aspek emosi 0%culture shock, dan aspek perilaku 0% culture shock, dengan adanya aspek kognitif, aspek emosi dan aspek perilaku inilah yang menjadi patokan perubahan mahasiswa perantauan setelah dilaksanakan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi
Keywords: Konseling; Cognitive behavioral therapy; Culture shock
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:43
Last Modified: 19 Apr 2024 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item