Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan

Khotimah, P. Khusnul (2023) Pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pertama terdapat 15 dari 20 anak belum dapat berhitung angka 1-10 dengan baik. Hal ini ditandai dengan anak yang tidak tahu ketika diminta untuk menyebutkan suatu bilangan seperti angka 1-10. Anak belum dapat mengurutkan bilangan dengan tepat. Anak terlihat sering keliru dalam menunjukkan angka seperti ketika guru menyuruh menunjukkan angka 8 namun yang ditunjukkan oleh anak adalah angka 9. Akan tetapi tidak semua anak tidak bisa memahami angka 1-10 ada sebagian yang sudah memahaminya dan sebagian lagi masih perlu stimulasi untuk mengembangkan kemampuan berhitungnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan.pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori Lev Vigotsky yang menyatakan bahwa melalui bermain anak secara langsung menciptakan pengetahuan mereka sendiri. Kognitif anak tumbuh melalui interaksi dengan orang dewasa dan teman sebayanya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yakni ada pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung angka 1-10 anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan dengan perhitungan rumus uji t yang diproleh bahwa t hitung > t tabel yaitu t hitung = 6,370 t tabel = 1,729 dengan taraf singnifikan 0,05% sehingga dapat disimpulkan H_a diterima dan H_o ditolak. Sehingga dengan demikian terdapat Pengaruh yang Singnifikan Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Bermain; Balok angka; Kemampuan berhitung
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Apr 2024 02:02
Last Modified: 18 Apr 2024 02:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10432

Actions (login required)

View Item View Item