Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SDN 0605 Simanuldang Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Wardiyah (2023) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SDN 0605 Simanuldang Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada materi organ peredaran darah manusia, disebabkan karena proses pembelajaran didalam sangat monoton sehingga membuat siswa merasah jenuh dan tidak bersemangat untuk belajar sehingga peserta didik tidak tertarik untuk belajar, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi organ peredaran darah pada manusia di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 0605 Simanuldang Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus , dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan,setiap pertemuan terdiri dari perencanaan,tindakan, observasi,dan refleksi, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal berupa pilihan berganda dan observasi. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriktif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Make A Match ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 30% dan nilai rata-rata kelas 63%. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa 64,2 8 siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase 40%. kemudian pertemuan ke II peningkatan nilai rata-rata menjadi 68,5, dengan 12 siswa yang tuntas dengan persentase 60%, pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 7,7, yaitu 15 siswa yang tuntas dengan persentase 75%, pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 81%, dengan 17 siswa yang tuntas dengan persentase 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; IPA; Model make a match; Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:22
Last Modified: 18 Apr 2024 01:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10430

Actions (login required)

View Item View Item