Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi relasi dan fungsi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan

Rangkuti, Yuli Khalipah (2023) Pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi relasi dan fungsi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini masalah yang dikemukakan adalah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang masih kurang, masih terdapat peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit, sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku paket, model pembelajaran yang digunakan kurang variatif atau pembelajaran masih konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga belum dapat menarik perhatian peserta didik dalam belajar yang mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi experiment dengan jenis desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Sampel yang diteliti sebanyak 42 peserta didik dari kelas VIII-1 dan VIII-4 dimana VIII-1 berjumlah 21 peserta didik dan VIII-4 berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling method. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang sudah divalidasi. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dari uji persyaratan data posttest yang telah dilakukan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen, maka untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yang akan menentukan pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematia. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Problem based learning; Kemampuan pemahaman konsep matematika; Relasi; Fungsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Apr 2024 05:05
Last Modified: 16 Apr 2024 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10423

Actions (login required)

View Item View Item