Wardana, Jodi (2023) Manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi bahwa melihat begitu pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Padangsidimpuan. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut, karena menurut pengamatan peneliti pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 1 Padangsidimpuan lebih baik dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang lain di daerah Kota Padangsidimpuan. Kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam yang telah berjalan dengan baik, tentunya memerlukan manajemen yang baik agar kegiatan pembelajaran tersebut berjalan dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran baik ia proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari kegiatan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Sistem perencanaan pembelajaran pendidikan pgama Islam di Madrasah Aliyah 1 Kota Padangsidimpuan, Bagaimana Sistem pengorganisasian pembelajran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Padangsidimpuan, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah 1 Kota Padangsidimpuan, Bagaimana pengevaluasian pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem perencanaan, sistem pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran dan pengevaluasian pembelajaran pendidikan agama Islam di Madarasah Aliyah Negeri 1 Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditemukan hasil Peneliti menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Padangsidimpuan telah baik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu dalam melakukan langkah-langkah dimulainya proses pembelajaran dengan membuat perangkat-perangkat wajib yang harus dikerjakan oleh guru, seperti RPP, silabus, menyusun materi, dan lain sebagainya. Kemudian, guru juga melakukan pengorganisasian yang terorganisir baik itu dalam menetapkan tugas dan wewenang sesuai dengan bidang masing-masing , dan setelah ditentukan maka guru juga harus menyiapkan beberapa metode pembelajaran yang akan di ajarkan kepada siswa sehingga siswa dapat memahami materi yang telah diberikan oleh guru. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru harus memanfaatkan segala fasilitas yang telah disediakan oleh pihak sekolah agar mempermudah proses pembelajaran kepada siswa, seperti ruang belajar, papan tulis, musholla, perpustakaan, ruang laboratorium, aula dan lain sebagainya. Guru pastinya akan melakukan pengevaluasian materi pembelajaran kepada siswa. Pengevaluasian yang diberikan guru kepada siswa diantaranya dengan cara tertulis maupun lisan. Adapun pengevaluasian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 04:40 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 04:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10422 |
Actions (login required)
View Item |