Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Dinas Sosial dalam rehabilitasi orang gangguan kesehatan jiwa ditinjau menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang gangguan kesehatan jiwa di Kota Padangsidimpuan

Siregar, Aguslan Mulia (2023) Peran Dinas Sosial dalam rehabilitasi orang gangguan kesehatan jiwa ditinjau menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang gangguan kesehatan jiwa di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana Gangguan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang masih perlu untuk diperhatikan lagi penyelesaiannya. Gangguan jiwa merupakan gangguan yang ada dalam cara berpikir, kemauan, emosi dan tindakan. Seorang penderita gangguan jiwa umumnya tidak dapat menangani masalah pada dirinya sendiri secara sehat, perilakunya tidak normal atau tidak sesuai adat dan budaya dimana dia berada. Salah satu gangguan jiwanya adalah skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi otak. Gejala negatif yang muncul pada skizofrenia merupakan akibat langsung dari kerusakan otak yang mengakibatkan gangguan pada perilaku manusia. Dalam menangani masalah ini pemerintah menyediakan fasilitas berupa rumah sakit jiwa yang bertujuan agar pasien gangguan jiwa dapat diberdayakan lagi dan membantu pasien untuk kembali belajar untuk mandiri Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran dinas sosial dalam upaya merehabilitasi Orang Dalam Gangguan Jiwa dengan beberapa faktor dan kendala yang membuat dinas sosial belum memberikan wadah yang terbaik untuk merehabilitasi Orang Dalam Gangguan Jiwa dangan pandangan Fiqih siyasah Terhadap Rehabilitasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian kulaitatif ini adalah penetian yang bermaksud memahami fenomene tentang apa yang dialalmi oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan,dan lain-lain. Secara holisme dan dengan cara dekripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konsteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pada Penelitian ini Upaya Dinas Sosial Padangsidimpuan dalam Merehabilitasi ODGJ di Kota Padangsidimpuan belum semua mendapatkan rehabilitasi sehingga ODGJ di kota Padangsidimpuan masih banyak yang belum di rehabilitasi adapun beberapa tahap-tahapan yang harus dilakukan oleh Dinas Sosial yaitu: Melakukan operasi simpatik enam bulan sekali di wilayah kecamatan/desa atau mendapatkan klien odgj dari kiriman warga, Identfikasi Klien ODGJ, Pembinaan Dan Pelatihan Terhadap ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Ildrem Medan, dikembalikan ke pihak keluarga, akan tetapi pihak dinas sosial padangsidimpuan sebagian yang melaksanakan tahap-tahapan tersebut,adapun faktor penghambatnya adalah belum adanya kerjasama antara instansi kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan Khoiruddin Manahan Siregar, M.H
Keywords: Peran Dinas Sosial; Rehabilitasi; ODGJ; Fiqih siyasah
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:00
Last Modified: 16 Apr 2024 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item