Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar matematika siswa di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru

Sapitri, Juliani (2023) Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar matematika siswa di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500151.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae akibat dari guru yang masih terbiasa dengan model pembelajaran konvensional. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) yang melatih siswa untuk percaya diri,berani mengemukakan pendapatnya dan bertanya, mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar matematika siswadi kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pretest–posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelasV SD Negeri 200402 Sabungan Jae, yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 47 siswa. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 17 siswa dari kelas VB sebagai kelas eksperimen dan 17 siawa dari kelas VA sebagai kelas kontrol. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Adapun rata-rata posttest kelas eksprimen yaitu 66,23dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 59,88 dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung= 2,102 > ttabel = 2,036. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap motivasi belajar matematika siswadi kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction); Motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:44
Last Modified: 16 Apr 2024 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item