Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional di Kota Padangsidimpuan (studi kasus di Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan)

Ashari, Muhammad (2023) Dampak keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional di Kota Padangsidimpuan (studi kasus di Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200370.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Bisnis ritel merupakan kegiatan penjualan barang yang dilakukan secara eceran pada berbagai tipe gerai, seperti pasar, kios, department store, butik dan lain-lain yang umumnya dipergunakan langsung. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana dampak keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional di Kota Padangsidimpuan dan bagaimana strategi ritel tradisional menghadapi keberadaan ritel modern. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional di Kota Padangsidimpuan Tenggara dan Untuk mengetahui strategi ritel tradisional menghadapi keberadaan ritel modern. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan dampak kemudian bisnis ritel yang mencakup pengertian ritel, fungsi ritel, pembagian ritel, pengertian ritel modern, jenis ritel modern, pengertian ritel tradisional, karakteristik bisnis ritel, strategi pemasaran ritel, perilaku konsumen dalam bisnis ritel, dampak teknologi dalam perkembangan bisnis ritel, perkembangan bisnis ritel di Indonesia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya pedagang ritel tradisional di Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan sebanyak 10 informan. Dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisa data dengan teknik reduksi data, deskripsi data dan teknik penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangualasi metode. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak keberadaan ritel modern terhadap ritel tradisional di Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan yaitu mengalami penurunan pelanggan dan penurunan pendapatan. Strategi yang dilakukan ritel tradisional dalam menghadapi keberadaan ritel modern yaitu dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan menurunkan harga dari harga sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Idam Kholid Nasution, M.Pd
Keywords: Dampak; Ritel modern; Ritel tradisional
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Apr 2024 08:25
Last Modified: 05 Apr 2024 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item View Item