Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematika melalui model pembelajaran jigsaw dengan pendektan problem posing pada materi bilangan bulat di Kelas IX Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis

Harahap, Oloan Dumora (2023) Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematika melalui model pembelajaran jigsaw dengan pendektan problem posing pada materi bilangan bulat di Kelas IX Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi matematika kelas IX pondok pesantren Babul yang mengatakan bahwa koneksi matematika siswa disekolah itu belum sepenuhnya terpenuhi, salah satu peyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang terhadap koneksi matematika menjadi titik maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan koneksi matematika dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan pendekatan problem posing pada materi bilangan bulat di kelas ix pondok pesantren babul hasanah manggis ?. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi sebjek penelitian matematika siswa materi bilangan bulat kelas IX pondok pesantren Babul Sosa yang berjumlah 24 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh persentase koneksi matematika terlihat dari persentase indikator koneksi matematika siswa yang meningkat berdasarkan hasil indikator peneliti siklus I pertemuan ke-1 (30%), siklus I pertemuan ke-2 (42,83%), siklus II pertemuan ke-1 (74,66%) dan siklus II pertemuan ke-2 (87%). Dan berdasarkan hasil nilai tes koneksi matematika siswa yang meningkat berdasarkan hasil nilai tes peneliti siklus I pertemuan ke-1 (41,66%), siklus I pertemuan ke-2 (50%), siklus II pertemuan ke-1 (66,66%) dan siklus II pertemuan ke-2 (87%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran jigsaw melalui pendekatan problem posing; Koneksi matematika; Bilangan bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:41
Last Modified: 05 Apr 2024 02:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item