Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo Kecamatan Batangtoru

Siregar, Mhd Aldi (2023) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo Kecamatan Batangtoru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 100715 Desa Telo cendrung malas ataupun tidak mengerjakan tugas. Tidak mengikuti dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh guru dikarenakan faktor oleh kawan sekelasnya sendiri yang ingin bermain waktu pembelajaran dimulai. Dalam strategi Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah penting untuk meningkatkan pola karakter agar semakin berkembang atau semakin giat dalam pembelajaran siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo Kecamatan Batangtoru. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk karakteristik di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo kecamatan Batangtoru. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam hal ini ialah penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui dua tahap ialah mengorganisasikan data, membaca dan mengelolah data dengan cermat serta teliti. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Desa Telo Kecamatan Batangtoru adalah dengan menggunakan strategi dengan keteladanan, guru berupaya memberikan peran aktif secara langsung kepada murid. Guru memberi teladan kepada siswa untuk senantiasa datang tepat waktu, menjaga kebersihan dikelas, dan rajin belajar dengan giat. Dengan penanaman kedisiplinan, guru menegakkan pembentukan karakter dengan kedisplinan di sekolah dan memberi teguran bahkan sangsi bagi siapa saja yang melanggar tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Apabila terdapat pelanggaran ringan kaitanya dengan kedisiplinan siswa diberi sangsi dengan menghafal ayat pendek secara lancar dan mengakui kesalahannya. Dengan pembiasaan, upaya pembentukan karakter siswa adalah dengan program-program pembiasaan di sekolah seperti; sholat dhuha berjamaah, membaca Al-Quran sebelum pelajaran dimulai, hafalan surah, sholat zhuhur berjamaah, serta pembiasaan untuk saling menasehati sesama teman agar terciptanya hubungan kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Strategi guru pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:11
Last Modified: 05 Apr 2024 02:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item