Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh celebrity endorser, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina

Dalimunthe, Rona Indah (2023) Pengaruh celebrity endorser, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Celebrity endorser menjadi salah satu proses pemasaran yang dilakukan di berbagai media dengan memakai jasa dari selebriti yang diiklankan melalui sosial media yaitu Instagram dan Celebrity endorser juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik yang akan dipakai khususnya dikalangan mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2019 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan ang memilih kosmetik yang bagus digunakan dan cocok diwajah mereka. Pengaruh brand image (citra merek) terhadap keputusan pembelian akan meningkatkan minat konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah produk dengan melihat kualitas kosmetik tersebut, pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik adalah dapat mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi sebuah produk apakah aman dan halal digunakan karena seorang konsumen haruslah selektif dalam memilih suatu produk yang ia gunakan supaya tidak terjadi kesalahan memilih produk yang tidak baik digunakan atau dikonsumsi pada kulit wajah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh celebrity endorser, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik emina. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara celebrity endorser, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik emina. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengam sumber data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 66 responden. Yang diambil dari mahasiswi ekonomi syariah Angkatan 2019 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistic yaitu SPSS 23. Teknik analisis data menggunakan, uji validitas dan reabilitas, uji deskriftif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi (R2 ) dan di uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel brand image dan label halal dengan keputusan pembelian dan tidak terdapat pengaruh secara parsial antara celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Dan secara simultan celebrity endorser, brand image dan label halal mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik emina dikalangan mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Keputusan pembelian; Label halal; Brand image; Celebrity endorser
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:36
Last Modified: 04 Apr 2024 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item