Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200306 Kecamatan Batunadua Padangsidimpuan

Utami, Sri Rizky (2023) Penerapan model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200306 Kecamatan Batunadua Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena dalam proses pembelajaran guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, dan siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya melaksanakan pembelajaran di kelas, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas,salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran STAD sehingga siswa lebih berani untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya dan belajar siswa yang diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 200306 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dua siklus diisi dengan dua kali pertemuan, pada setiap pertemuan peneliti memberikan butir soal untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunkan model pembelajaran STAD meningkat, hasil belajar Bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 59% dengan presentase ketuntasan 35%, pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 66% dengan presentase ketuntasan 55%. Selanjutnya siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 77,5% dengan presentase ketuntasan 75%, pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 81% dengan presentase ketuntasan 95%. Dengan peningkatan hasil belajar yang diperoleh maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada materi Kata tanya di kelas V SD Negeri 200306 Batunadua Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Model STAD (Student Teams Achievement Division); Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:10
Last Modified: 04 Apr 2024 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item