Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Tanjung, Fajarida (2023) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas yang sebenarnya sudah ada, akan tetapi siswa belum mampu memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat membaca dikarenakan siswa masih membaca buku paket maupun buku cerita di luar lingkungan perpustakaan, sehingga siswa masih membutuhkan arahan, motivasi dari guru dengan begitu siswa mampu menggunakan atau memanfaatkan perpustakan sekolah untuk membaca, maminjam dan mencari referensi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena yang berada disekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode deskriptif ialah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan, instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif desktiftif. Hasil penelitian ini perpustakaan sekolah dapat meningkatkan minat baca siswa walaupun secara perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit dan juga siswa akan mulai membaca meskipun secara terpaksa atau dipaksa dengan menggunakan 3 langkah pemanfaatan yaitu melalui program pengembangan perpustakaan, melalui pemberian tugas dan terakhir melalui penggunaan perpustakaan sebagai ruang belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Perpustakaan; Minat baca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:44
Last Modified: 04 Apr 2024 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item