Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan verbal dan kemampuan numerik siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal narasi pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP N 1 Puncak Sorik Marapi

Dewi, Hafsari (2023) Analisis kemampuan verbal dan kemampuan numerik siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal narasi pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP N 1 Puncak Sorik Marapi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah matematika termasuk salah satu mata pelajaran yang sulit di sekolah. Masih banyak siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terkhusus soal narasi yang biasanya disajikan pada materi SPLDV. Mereka tidak mengerti apa yang tertera pada soal dan bagaimana merumuskan soal berbentuk narasi ke dalam angka. Selain itu, siswa juga kurang mahir dalam melakukan perhitungan. Akibatnya mereka tidak dapat menyelesaikan soal dan beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal-hal tersebut terjadi karena kurangnya kemampuan verbal dan kemampuan numerik dimiliki siswa dalam menganalisis soal yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman kemampuan verbal siswa dalam memahami soal narasi dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan numerik siswa dalam menyelesaikan soal narasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP N 1 Puncak Sorik Marapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pada indikator kemampuan verbal yaitu dalam memahami soal narasi terdapat 3 siswa dengan kategori sangat tinggi, 6 siswa dengan kategori tinggi, 6 siswa dengan kategori sedang, dan 5 siswa dengan kategori rendah. Secara keseluruhan, kemampuan verbal yang dimiliki siswa kelas VIII-3 dalam memahami soal narasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel termasuk dalam kategori sedang. Pada indikator kemampuan numerik yaitu dalam menyelesaikan soal narasi terdapat 2 siswa dengan kategori sangat tinggi, 2 siswa dengan kategori tinggi, 5 siswa dengan kategori sedang, 3 siswa dengan kategori rendah, 8 siswa dengan kategori sangat rendah. Dan untuk keseluruhan, kemampuan numerik siswa kelas VIII-3 dalam menyelesaikan soal narasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Kemampuan verbal; Kemampuan numerik; Soal narasi; SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:20
Last Modified: 04 Apr 2024 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item