Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Yanti, Nur (2023) Peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak berminat dalam mempelajari pendidikan agama islam. Peserta didik yang minim akan pengetahuan agamanya dan peserta didik beranggapan bahwa belajar agama Islam itu tidak terlalu penting untuk kehidupan mereka. Dan mereka beranggapan bahwa belajar pendidikan agama Islam itu sama saja dengan pembelajaran umum biasa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam, apa saja faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Yang dimaksud dengan deskptif adalah metode penelitian yang ditempuh dengan menggunakan analisis deskriptif yang menghasilkan data berupa kata–kata. Adapun informan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini peneliti melakukan riset lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 1 Torgamba adalah guru sebagai pendidik dan pengajar, dan peran guru sebagai pemimpin, guru sebagai mediator, guru sebagai pengelola kelas, dan guru sebagai motivator. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, faktor lingkungan yaitu dengan sebaya dan keluarga. Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu menguasai keterampilan belajar mengajar. Ada beberapa keterampilan dalam belajar mengajar yaitu keterampilan memulai dan menutup pembelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, memberikan variasi, mengelola kelas, dan diskusi. Serta strategi menggunakan metode bervariasi, media bervariasi dan memberikan reward.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Hj. Hamidah, M.Pd
Keywords: Peran; Guru; Faktor; Minat; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:11
Last Modified: 03 Apr 2024 04:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item