Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika membaca al-Qur’an di kalangan anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Sidar Rahmi (2023) Problematika membaca al-Qur’an di kalangan anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. yang disebabkan beberapa faktor seperti: rendahnya pengetahuan anak tentang ilmu tajwid, kesulitan dalam melafalkan sebahagian huruf-huruf hijaiyah, kurangnya minat anak dalam membaca Al-Qur’an, pengaruh teknologi, rasa malas, kurangnya minat anak dalam membaca Al-Qur’an, dan kurangnya perhatian dan motivasi dari orangtua, kurangya jumlah guru mengaji sehingga anak-anak kurang memahami tentang ilmu tajwid. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. Bagaimana Upaya Mengatasi Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. Dan Untuk Mengetahui Upaya Mengatasi Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek yang harus di teliti untuk mendapatkan data sesuai dengan apa adanya yang dibantu dengan observasi, wawancara dan study dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas diantaranya : rendahnya pengetahuan anak tentang ilmu tajwid, kesulitan dalam melafalkan sebagian huruf-huruf hijaiyah, rasa malas, pengaruh teknologi, faktor teman sebaya, kurangnya perhatian dan motivasi dari orangtua, kurangnya jumlah guru mengaji. Upaya Mengatasi Problematika Membaca Al-Qur’an di Kalangan Anak di Desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas adalah memberi perhatian dan ikut serta membimbing anak ketika membaca Al-Qur’an, menyediakan Al-Qur’an bagi anak, membatasi anak bermain smartphone, sedangkan Upaya Guru Mengaji Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an anak adalah memberi motivasi, pemberian hapalan tambahan, proses kualitas peningkatan guru, penambahan metode mengaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Problematika; Anak; Membaca Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:16
Last Modified: 03 Apr 2024 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item