Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru pendidikan Agama Islam dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif pada kelas vii di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan

Wanda, Nesia Rizki (2023) Kreativitas guru pendidikan Agama Islam dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif pada kelas vii di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100284.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah perlu adanya gambaran secara mendalam tentang proses pembelajaran yang dilakukan dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif. Upaya guru dalam mengelola proses pembelajaran dipandang sebagai keunikan guru dalam kreativitasnya menciptakan situasi belajar mengajar efektif. Penulis membahas dan menggambarkan lebih dalam tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan yang mana masalah pokok yang dimaksud yaitu bagaimana cara guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dan memilih metode di dalam pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan situasi belajar mengajar efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat di lapangan. Dalam pelaksanaannya, peneliti langsung masuk ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan pokok permasalahan penelitian. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana kelas yang nyaman, memilih metode pembelajaran yang bervariatif, dan membuat media pembelajaran yang kreatif. Guru pendidikan Agama Islam menciptakan situasi belajar mengajar efektif dengan baik dengan mengembangkan imajinasi siswa pada saat pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Kreativitas; Guru; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:59
Last Modified: 02 Apr 2024 04:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item