Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard pada usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Padangsidimpuan

Azhari, Hamzah (2023) Determinan minat menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard pada usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200269.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Minat UMKM dalam penggunaan QRIS merupakan permasalahan penting yang harus dibahas untuk keberhasilan dan keberlangsungan UMKM dalam penerapannya pada sebuah teknologi digital untuk bertransaksi dengan pelanggan. Teknologi digital yang dikelola dan diadaptasikan dengan mudah mampu meningkatkan minat UMKM dalam penggunaan QRIS di kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, brand image, kesukarelaan dan pengalaman sebelumnya terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan alternatif Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian adalah UMKM yang ada di Kota Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 UMKM dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan (2) Persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan (3) Brand Image tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan (4) Kesukarelaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan (5) Pengalaman Sebelumnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS pada UMKM di kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: QRIS,; UMKM; TAM
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:36
Last Modified: 02 Apr 2024 04:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item