Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi konsep etika peserta didik dalam Kitab Ta’limul Muta’allim di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Desa Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru

Hasibuan, Ardiwan Saputra (2023) Implementasi konsep etika peserta didik dalam Kitab Ta’limul Muta’allim di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Desa Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Sekolah Menegah Pertama (SMP) Islam Terpadu Darul Hasan yang menjadi lokasi penelitian mengenai implementasi etika peserta didik dalam kitab Ta’limul Muta’allim diantaranya adalah mengucapkan salam ketika bertemu guru maupun sesama siswa, mencium tangan/menyalam guru ketika bertemu di sekolah maupun di luar sekolah, untuk menjaga kebersihan sekolah siswa dan guru melaksanakan kebersihan umum setiap hari Jum’at, dan setiap memasuki pembelajaran semua siswa memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an dan Do’a. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep etika pendidikan menurut syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta`lim Muta`allim?. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui konsep pendidikan menurut syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta`lim Muta`allim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data-data yang dikumpul, lalu diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penerapan dari konsep etika peserta didik di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Desa Hutaimbarau Kecamatan Padangsidimpuan dengan menerapkan emam dari tiga belas konsep etika peserta didik dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji. Penerapan etika peserta didik diantaranya niat belajar, menghormati ilmu dan ulama, tawakkal, kasih sayang dan memberi nasehat, wara dan umur dan rejeki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Amin, M.Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Implementasi; Etika peserta didik; Kitab Ta’limul Muta’allim
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:19
Last Modified: 02 Apr 2024 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item