Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan dinas sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas

Safitri, Adinda Debi (2023) Peranan dinas sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah yang dimana saat ini jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia, dengan jumlah disabilitas terbanyak pada usia lanjut, salah satu nya di Kabupaten Labuhanbatu dapat dilihat masih penyandang disabilitas yang belum mendapatkan kesejahteraan sosial secara merata sehingga banyak dari mereka menjadi pengemis di jalanan bahkan yang sudah lansia dan penyandang disabilitas diatas 18 tahun yang mulai memasuki tahap produktif hanya berada di rumah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja peranan Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Dan apa kendala yang dihadapi Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana peranan Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Labuhanbatu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) atau yang bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif ini adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas dengan memberikan arahan serta fasilitas belum berperan cukup baik dan belum maksimal. Hal ini ditandai dengan pelatihan dan bantuan sosial yang belum merata, karena masih banyak penyandang disabilitas yang belum merasakan karena dari 746 hanya 426 yang mendapatkan bantuan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap peranan Dinas Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas. kemudian kendala yang di hadapi Dinas Sosial yaitu kurangnya SDM dalam bidang sosial, sarana dan prasarana, sarana mobilitas, kurang akuratnya data penyandang disabilitas, jarak tempuh pendataan penyandang disabilitas, menghadirkan para penyandang disabilitas, serta kurangnya kesadaran masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) salah satunya penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Syafri Gunawan, M.Ag dan Khoiruddin Manahan Siregar, M.H
Keywords: Peranan; Pemberdayaan; Penyandang disabilitas; Dinas sosial
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:44
Last Modified: 02 Apr 2024 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item