Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Potensi pengembangan pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi pedagang di Kota Padangsidimpuan

Adawiyah, Rodyatul (2023) Potensi pengembangan pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi pedagang di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah keberadaan pasar tradisional saat ini belum dapat dimanfaatkan secara sinergis oleh pengelola dan para pedagang di pasar tradisional. Terjadinya tren belanja di berbagai segmen, dari pasar tradisional yang dikelola secara konvensional ke pasar moder yang dikelola secara profesional membuat penghargaan dan kebanggan masyarakat melemah terhadap hal-hal yang bermuatan tradisional. pasar tradisional perlu dikembangkan ketahap yang lebih baik dengan menemukan model pengembangan pasar tradisional yang tepat dengan harapan tidak hanya berdampak terhadap fisik pasar tetapi juga berdampak pada aspek manajemen dan aspek ekonomi pedagang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yangm engambil lokasi penelitian di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan,adapun pengumpulan data peneliti lakukan dengan metode wawancara, observasi,dan studi kepustakaan. Sifat penelitian ini deskriptif yaitu menggambarkan secarajelas, faktual, cermat dan tepat mengenai potensi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi pedgang di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi pengembangan pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi pedagang. Hasil Penelitian ini adalah Pasar Sagumpal Bonang Padangsidimpuan memiliki potensi untuk meningkatkan ekonomi pedagang, karena pasar sagumpal bonang merupakan pasar tradisional terbesar dan letaknya strategis, mudah di jangkau. Strategi pengembangan pasar dilakukan dengan revitalisasi pasar. Revitalisasi pasar belum sepenuhnya dapat meningkatkan ekonomi pedang di pasar tradisional sagumpal bonang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Potensi pengembangan; Pasar Tradisional; Ekonomi; Pedagang
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:19
Last Modified: 02 Apr 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item