Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kedisiplinan dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar matematika untuk siswa kelas vii di SMP Negeri 2 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Leli Mariani (2023) Pengaruh kedisiplinan dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar matematika untuk siswa kelas vii di SMP Negeri 2 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peraturan yang masih belum dipatuhi oleh siswa serta kecerdasan emosional siswa yang yang masih belum terasah di kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa sehingga siswa malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan bersikap acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang diberikan. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan kecerdasan emsional terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Angkola Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan serta kecerdasan emosional siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto dengan populasi siswa SMP Negeri 2 Angkola Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas VII dengan 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengambilan data penelitian menggunakan angket berupa soal pernyataan 20 butir mengenai kedisiplinan, 20 butir mengenai kecerdasan emosional, dan 20 butir mengenai motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa memiliki kedisiplinan sedang dengan skor 68,47, kecerdasan emosional siswa tinggi dengan skor 68,78, serta motivasi belajar siswa yang rendah dengan skor 67,10. Penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kedisiplinan maupun kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Angkola Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Kedisiplinan; Kecerdasan emosional; Motivasi belajar matematika siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:18
Last Modified: 01 Apr 2024 07:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item