Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Nur Ima Eliana (2023) Persepsi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa persepsi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung dan faktor apa yang mempengaruhi motifasi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa persepsi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi motivasi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung. Penelitian ini membahas tentang pandangan orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren dan juga faktor yang mempengaruhi motivasi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasi objek yang sesuai dengan apa adanya. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu orangtua, sumber data skunder yaitu kepala desa dan pemuka agama. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah persepsi orangtua dalam menyekolahkan anaknya ke pesantren di Desa Tanjung tergolong menjadi dua yaitu: Persepsi positif dan negatif. Adapun persepsi positifnya yaitu: Rasa tanggung jawab, strategis, pendalaman ilmu agama. Adapun persepsi negatifnya yaitu: Sekolah umum lebih murah dan dekat, kurangnya pengamalan lulusan dari pesantren. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi orangtua dalam menyekolahkan anak ke pesantren yaitu: Faktor intrinsik berupa minat, nilai-nilai agama dan faktor ekstrinsik berupa lingkungan pondok pesantren, biaya sekolah pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Persepsi; Orangtua; Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:43
Last Modified: 01 Apr 2024 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item