Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan berbasis nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan

Hasibuan, Rizky Marito (2023) Implementasi pendidikan berbasis nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100252.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi perencanaan dan pelaksanaan pendidikan nilai karakter dalam pembelajaran PAI di MTs.N 1 Padangsidimpuan, seperti halnya pendidikan diharapkan tidak hanya dapat membina insan cerdas, tetapi juga membina manusia yang berkepribadian dan berakhlak mulia. Namun, pendidikan saat ini masih dianggap gagal dalam penanaman akhlak dan moral generasi muda. Sehingga masyarakat sering merasa kesal dengan dunia pendidikan, bahkan menyalahkan pihak sekolah. Banyaknya anak menampilkan perilaku menyimpang dalam masyarakat seperti tawuran, bersikap kasar, kurang menghormati yang lebih tua, berbuat curang, dan suka berbohong. Ditambah lagi siswa sering terlambat sekolah, tidak mengerjakan PR, ribut waktu belajar merupakan bukti kurangnya karakter peserta didik. Pendidikan karakter diharapkan jawaban untuk mencegah bahkan mengatasi masalah penyimpangan anak. Pendidikan karakter perlu diterapkan dalam setiap bidang studi, tidak terkecuali bidang studi Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan berbasis nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs.N 1 Padangsidimpuan dan bagaimana implementasi pendidikan berbasis nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs.N 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lokasi penelitian, suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif yang terjadi di lokasi tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan mengenai “Implementasi Pendidikan Berbasis Nilai Karakter dalam Pembelajaran PAI di MTs.N 1 Padangsidimpuan”, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di MTs.N 1 Padangsidimpuan telah dilakukan dua tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Dari perencanaan pendidikan karakter dalam PAI di MTs.N 1 Padangsidimpuan yang telah dilakukan dapat dikatakan sudah sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan Nasional. Namun, sebagian guru PAI mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi nilai-nilai karakter dalam capaian pembelajaran. Kemudian dalam hasil pelaksanaan pendidikan karakter dalam PAI di MTs.N 1 Padangsidimpuan sudah melaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Pendidikan karakter; Nilai-nilai karakter; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:11
Last Modified: 01 Apr 2024 03:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item