Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Harahap, Yessy Yunita (2023) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Temuan awal penelitian ini memperlihatkan bahwa guru PAI melakukan berbagai strategi dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan diantaranya: mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang sudah berjalan di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lokasi penelitian, suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif yang terjadi di lokasi tersebut. Penelitian ini menyimpulkan: strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yaitu: pertama, mengkreasi cara-cara baru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan strategi pembelajaran langsung, strategi bercerita islami, meneladankan perilaku baik bagi peserta didik. Kedua, mengembangkan kegiatan yang sudah berjalan dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan cara guru PAI membina kegiatan kultum dan membaca Al-Qur’an pada hari jum’at saat apel pagi di lapangan yang dilaksanakan oleh anggota rohis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sholat dzuhur berjama’ah di sekolah, hapalan surah, membimbing membaca Al-Qur’an di dalam kelas, memperingati hari-hari besar Islam seperti maulid Nabi Muhammad Saw, isra’mi’raj maupun pesantren kilat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Strategi; Guru pendidikan Agama Islam; Kecerdasan spiritual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:01
Last Modified: 01 Apr 2024 03:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item