Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Tinjuan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap peraktik pengalihan fungsi rumah sewa di Desa Sidodadi Kecamatan Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan

Arifin, Arifin (2023) Tinjuan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap peraktik pengalihan fungsi rumah sewa di Desa Sidodadi Kecamatan Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910200017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek sewa menyewa rumah di Desa Sidodadi Kecamatan Kampung Rakyat Labuhan Batu Selatan, dan Bagaimana praktik pengalihan fungsi rumah sewa di tinjau dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) Penelitian menggunakan konsep sewa menyewa yang di atur dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) sebagai pisau analisis. Penelitian ini ketegori penelitian yuridis empiris atau lapangan. Data dalam penelitian ini ada dua kategori. Pertama data primer, data bersumber dari lapangan melalui wawancara dan observasi, dalam hal ini masyarakat yang melakukan aktivitas sewa menyewa rumah. Kedua data sekunder, terdiri dari tiga bahan hukum yaitu, primer, sekunder dan tersier. Data-data kemudian dianalisis secara deskriptif untuk kemudian diambil kesimpulan. Berdasarkan wawancara dan observasi. Praktik sewa menyewa di Desa Sidodadi di kategorikan 4 bentuk 1) sewa menyewa untuk di manpaatkan menjadi tempat tinggal 2) sewa menyewa untuk di jadikan tempat usaha 3) sewa menyewa dengan alih fungsi sesuai dengan akad 4) terjadi pengalihan fungsi rumah sewa yang tidak sesuai dengan akad. Kemudian di tinjau dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah sewa menyewa di Desa Sidodadi pada prinsipnya sah sepanjang memenuhi syarat-syarat yang di muat dalam syara’. Hanya saja dari beberapa praktik sewa menyewa ada satu praktik sewa menyewa yang melanggar ketentuan Pasal 319 ayat 2 di mana penyewa melakukan alih fungsi yang tidak sesuai dengan akad, atau ingkar janji sebagaimana dalam pasal 36 (KHES).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Kholidah, M.Ag dan Dr. Nur Sania Dasopang, S.H.I., M.S.I
Keywords: Pengalih fungsi; Rumah sewa; Kompilasi hukum ekonomi syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:50
Last Modified: 01 Apr 2024 02:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item