Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya orangtua dalam membina akhlak anak di Lingkungan I Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Hasibuan, Rizki Putri Anisah (2023) Upaya orangtua dalam membina akhlak anak di Lingkungan I Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah anak-anak yang memiliki akhlak yang tidak baik di Lingkunagn I kelurahan Sihitang, yaitu suka menyia-nyiakan waktu yaitu dengan pemakaian televisi, handphone, internet yang berlebihan dimana anak-anak menjadi lalai dengan Shalat dan membantu orangtua bahkan melawan saat ditegur. Orangtua sebagai pendidik utama dalam keluarga memiliki tanggung jawab dalam pembinaan akhlak anak dengan tuntutan al-qur’an dan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran akhlak anak di Lingkungan 1 Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan apa upaya orang tua dalam membina akhlak anak, serta faktor hambatan orangtua dalam membina akhlak anak di Lingkungan I Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Berdasarkan jenisnya penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Riset lapangan (field research) adalah penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, anak. Teknik pengumpulan data digunakan adalah obsevasi, wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa masih ada akhlak anak di Lingkungan I Kelurahan Sihitang yang memiliki akhlak yang dikatakan berbeda-beda. Ada anak yang memiliki akhlak terpuji (Akhlak Mahmudah) dan akhlak tercela (Akhlak Mazhmumah). Upaya orangtua dalam membina akhlak anak di dengan memberi keteladanan akhlakul karimah, pembiasaan, pemberian nasehat, pemberian hadiah, dan hukuman dalam pembinaan akhlak. Adapun hambatan orangtua dalam pembinaan akhlak anak di Lingkungan I Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara adalah lingkungan pergaulan dan kurangnya waktu orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Upaya; Orangtua; Akhlak anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:01
Last Modified: 28 Mar 2024 03:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item