Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Farida, Elda (2023) Upaya meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Hal tersebut disebabkan kurangnya kreativitas belajar siswa terhadap proses pembelajaran yang mengakibatkan ketidak lancaran dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan kreativitas belajar matematika siswa melalui model discovery learning pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar dikelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua Siklus yaitu Siklus I dengan dua pertemuan yakni pertemuan 1 dan pertemuan 2 dan Siklus II dengan dua pertemuan yakni pertemuan 1 dan pertemuan 2. Dalam hal ini peneliti berfungsi sebagai guru atau fasilitor. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan angket kreativitas belajar siswa serta catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan.yang terdiri dari 29 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Sebelum dikenai tindakan rata-rata kreativitas belajar siswa 50,02 dan masuk kategori rendah. Pada siklus I rata-rata kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 62,7 dan masuk kategori tinggi. Pada siklus II rata-rata kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 68,6 dan masuk karegori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Model discovery learning; Kreativitas belajar; Operasi hitung bentuk aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:50
Last Modified: 27 Mar 2024 04:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item