Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture di Kelas IV SD Negeri 0110 Hutarimbaru Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Dede Putri Anjeli (2023) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture di Kelas IV SD Negeri 0110 Hutarimbaru Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Hutarimbaru. Hal ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih menggunakan sistem mencatat, menghapal dan ceramah sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yaitu model pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran Picture And Picture belum pernah diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 0110 Hutarimbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 0110 Hutarimbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture di kelas IV SDN 0110 Hutarimbaru, Agar siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 0110 Hutarimbaru yang berjumlah 20 siswa dan objeknya adalah pembelajaran bahasa Indonesia. Model pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia yang dapat dilihat dari nilai rata- rata dan persentasi ketuntasan belajar siswa. Nilai rata- rata pada kondisi awal adalah 66,5, meningkat pada siklus I menjadi 74,5 dan meningkat lagi pada siklus ke II menjadi 87. Persentase ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal adalah 20%, meningkat pada siklus I menjadi 60%, meningkat lagi pada siklus II menjadi 95%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal sudah berhasil dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Hasil belajar Bahasa Indonesia; Model pembelajaran picture and picture
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:54
Last Modified: 27 Mar 2024 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item