Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi tata cara berwudhu pada mata pelajaran fiqih Kelas VII MTs Al-Mustaqim Sijantung Julu Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Yuni Sartika (2023) Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi tata cara berwudhu pada mata pelajaran fiqih Kelas VII MTs Al-Mustaqim Sijantung Julu Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam melaksanakan wudhu di kelas VII MTs Al-Mustaqim Sijantung Julu Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini disebabkan karena pembelajaran fiqih menjelaskan materi hanya menggunakana metode ceramah pada materi yang seharusnya dipraktekan yaitu tata cara berwudhu sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa pada materi Tata Cara Berwudhu di kelas VII MTs Al-Mustaqim Sijantung Julu Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII MTs Al-Mustaqim Sijantung Julu yang terdiri dari 22 siswa dengan 12 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes tindakan. Hasil data penelitian bahwa siklus I persentase belajar klasikal 45,45% dan nilai rata-rata 69,09% dengan jumlah yang tuntas sebanyak 10 dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa. Siklus II persentase belajar klasikal 63,6% dan nilai rata-rata 72,5% dengan jumlah yang tuntas 14 dan yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa. Siklus II persentase belajar klasikal 90,9% dan nilai rata-rata 81,36% dengan jumlah yang tuntas 20 dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa. Dengan peningkatan yang diperoleh maka penelitian dapat dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si
Keywords: Metode demonstrasi; Hasil belajar; Tata cara berwudhu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:20
Last Modified: 27 Mar 2024 03:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item View Item