Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan membaca permulaan di Kelas I.A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Bardiansyah (2023) Analisis kesulitan membaca permulaan di Kelas I.A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas I. A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan yang mengalami kesulitan membaca. Penyebab kesulitan membaca yang di alami oleh setiap peserta didik dapat disebabkan oleh faktor internal peserta didik itu sendiri atau faktor eksternal di luar peserta didik. Faktor internal peserta didik meliputi faktor fisik, intelektual dan pisikologis, dan faktor eksternal di luar diri peserta didik mencakup lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Jumlah peserta didik di kelas I.A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Tapanulis Selatan sebanyak 18 peserta didik, dari jumlah total tersebut 5 peserta didik mengalami kesulitan membaca permulaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah kesulitan membaca permulaan yang dialami peserta didik di kelas I. A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obsevasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data utama yaitu berupa peserta didik dan wali kelas I.A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, deskripsi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini merupakan kesulitan dalam membaca permulaan yang di alami peserta didik di kelas I.A Sekolah Dasar (SD) Negeri 100301 Angkola Timur berbeda. kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik itu berbeda-beda, seperti AR pemenggalan kata tidak tepat dan sering mengulang dalam membaca, AA tersendat-sendat dalam membaca, IR tidak mampu mengidentifikasi huruf, tersendat-sendat dalam membaca kata dan pengucapan kata salah, RR tidak bisa merangkai sususnan huruf menyambung kata dan hanya mengenal huruf saja dan YU tidak bisa menyambung huruf dan hanya bisa mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Kesulitan; Membaca; Membaca permulaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:15
Last Modified: 26 Mar 2024 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item