Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran snowball throwing siswa Kelas IV SD Negeri 1307 Siborong-Borong Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Fitriani (2023) Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran snowball throwing siswa Kelas IV SD Negeri 1307 Siborong-Borong Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berbicara siswa belajar bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena dalam proses belajar yang kurang menarik seperti materi yang banyak, materi berupa hapalan, hanya menulis saja pembelajaran yang dilakukan kurang melibatkan siswa secara langsung dan aktif sehingga peserta didik tidak mendapat kesan yang menarik saat proses belajar bahasa Indonesia. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan berbicara siswa peneliti menggunakan model pembelajaran snowball throwing untuk membantu siswa aktif saat belajar dan berani dalam menyampaikan jawaban atau pendapatnya. Rumusan masalah penelitian ini ialah apakah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan bagaimana respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran snowball throwing pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang berkolaborasi dengan Guru Kelas IV dilakukan di SD Negeri 1307 Siborong-borong Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan memiliki empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan releksi. Adapun instrument penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan respon siswa saat belajar sagat aktif dan menyenangkan peningkatan keterampilan siswa dapat dilihat dari hasil observasi dan tes Pada siklus I pertemuan ke-I jumlah siswa yang tuntas 7 dengan presentase ketuntasan 33.33%. Kemudian siklus I pertemuan ke-II jumlah siswa yang tuntas 10 dengan presentase ketuntasan 47.61%. Kemudian siklus II pertemuan ke-I jumlah siswa yang tuntas 14 dengan presentase ketuntasan 66.66%. Kemudian siklus II pertemuan ke-II jumlah siswa yang tuntas 19 dengan presentase ketuntasan 90.47%. dengan pencapaian ketuntasan siswa 90% maka penelitian ini dihentikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 1307 Siborong-borong Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, M.Pd
Keywords: Pemahaman konsep; Model pembelajaran snowball throwing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:43
Last Modified: 26 Mar 2024 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item