Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi aljabar di Kelas VII MTs Negeri Sibolga

Pinayungan, Yanisa Apriani (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi aljabar di Kelas VII MTs Negeri Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena lemahnya pemahaman konsep siswa mengenai materi aljabar sehingga siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menentukan unsur-unsur aljabar dan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan aljabar terlebih jika dikaitkan dengan kehidupan nyata. Ketidakadanya penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam proses pembelajaran matematika merupakan titik awal untuk melihat keefektivan pada proses pembelajaran ketika menerapkan LKS sebagai bahan ajar tambahan. Instrumen pada penelitian ini berupa wawancara, lembar validasi angket, lembar angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi aljabar dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Lembar Kerja Siswa (LKS) diujicobakan kepada siswa kelas VII-2. Subjek uji coba dilakukan di MTs Negeri Sibolga yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan tela divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ali materi sebesar 82,4 % (valid), ahli bahasa sebesar 82,2 % (valid), dan ahli desain sebesar 83,1 % (valid). Hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 82,6 % dengan kriteria baik (valid). Hasil respon siswa dan guru dinyatakan praktis yaitu 88,9 % dengan kriteria baik (praktis). Respon siswa sebesar 87 % (praktis) dan respon guru sebesar 90,9 % (sangat praktis). Selanjutnya pemahaman siswa mengenai aljabar yang dilihat dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score dengan hasil 0,4 kriteria sedang (efektiv).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Pendidikan matematika realistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:37
Last Modified: 25 Mar 2024 07:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item