Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sibabangun

Anggraini, Devi (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sibabangun. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100320.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Minat belajar PAI SMPN 1 Sibabangun tergolong rendah hal ini ditandai oleh siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan saat belajar dikelas. Kelemahan ini diduga bersumber pada minat belajar siswa. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam kelancaran proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode pembelajaran konvesional yakni ceramah, sehingga gaya belajar yang digunakan hanya gaya belajar yang klasik dan tidak ada variasi dalam belajar dan dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran apapun. Oleh karena itu penelitian ini mengeksperimenkan penggunaan media audio visual dan selanjutnya melihat apakah berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar PAI di SMPN 1 Sibabangun. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara penggunan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sibabangun. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sibabangun Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen pre ekperimental design. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala likert. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Sibabangun dapat diterima. Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai rxy = 0,858 yang selanjutnya dilanjutkan kepada r tabel pada taraf signifikansi 5%, maka rtabel sebesar 0,349. Oleh karena itu rxy = 0,858 > dari rtabel = 0,349. kemudian uji signifikansi diperoleh dari nilai thitung = 8,85, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel untuk tingkat kepercayaan 5% sebesar 2,048 hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Sibabangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Penggunaan audio visual; Minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:09
Last Modified: 25 Mar 2024 07:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item