Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aqidah akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu

Hidayah, Nur (2023) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aqidah akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100220.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan guru sebelumnya. Salah satunya di dalam proses pembelajaran siswa tidak begitu antusias untuk menerima pembelajaran, kurang dalam merespon guru ketika diberikan pertanyaan, tidak pandai menanggapi guru dan tidak terbiasa diberi tugas untuk memecahkan masalah. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Negeri Lama. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Negeri Lama melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dan seterusnya sampai perbaikan meningkatkan yang diharapkan tercapai. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Negeri Lama. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model Problem Based Learning adalah dapat menimgkatkan hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Megeri Lama. Setiap pertemuan terlihat peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari data hasil nilai rata-rata kelas siswa dari sebelum tindakan 68, pada siklus I Pertemuan I dengan nilai rata-rata 69,1 dan jumlah siswa yang tuntas 8 siswa, pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa 73,9 dan jumlah siswa yang tuntas 9 orang, pada siklus II Pertemuan I nilai rata-rata siswa 78,25 dan jumlah siswa yang tuntas 13 orang, pada siklus II Pertemuan II nilai rata-rata siswa 83 dan jumlah siswa yang tuntas 16 orang. JUmlah presentasi siswa tuntas sebelum tindakan 35%, pada siklus I pertemuan I bertambah menjadi 40%, kemudian pada siklus I pertemuan II 45%, pada siklus II pertemuan I 65% dan pada siklus II pertemuan II 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Penerapan; Model problem based learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:02
Last Modified: 25 Mar 2024 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item