Siregar, Mutiara (2023) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjugbalai. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100199.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan pelatihan dalam rangka membantu para siswa agar mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini dalam suatu pembelajaran, tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran tersebut akan tercermin dalam hasil belajar. Namun dalam upaya meraih hasil belajar yang memuaskan dibutuhkan proses belajar, salah satu faktor dari dalam diri peserta didik yang ikut menentukan hasil belajar adalah aspek kecerdasan emosional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai? (2) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai? (3) Bagaimana sifat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajarakidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai?. Dan variabel X yaitu kecerdasan emosional dan Variabel Y hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis data deskriptif yang terdiri dari mean, median, modus dan range dan standar deviasi menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan koefisien hasil belajar akidah akhlak siswa sebesar r = 0,403 dan berada pada kategori hubungan sedang yaitu dengan nilai 0,4 – 0,6. Sedangkan hasil yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa sebesar 16,24% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, tingkat pencapaian hasil belajar akidah akhlak siswa sebesar 85,83% maka dapat dikategorikan tingkat pencapaian hasil belajar siswa sangat tinggi dengan nilai 81% - 100%. Hasil uji hipotesis diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungbalai dengan nilai thitung > ttabel atau 4,136 > 1 662.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Liah Rosdiani Nasutionn, M.A |
Keywords: | Kecerdasan emosional; Hasil belajar akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:36 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10357 |
Actions (login required)
View Item |