Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf arab santri Kelas VIII Tsanawiyah Pondok Pesantren Ma’had Al-Azhar Bi’ibadillah Tahalak Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola

Hasyim, Syarif (2022) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf arab santri Kelas VIII Tsanawiyah Pondok Pesantren Ma’had Al-Azhar Bi’ibadillah Tahalak Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian lapangan yang sudah saya lakukan bahwa di Mts Al-azhar Bi’ibadillah terdapat beberapa siswa yang kurang terampil dalam menulis huruf Arab. Dari permasalahan yang ada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi kelas VIII di Mts Al-azhar Bi’ibadillah, (2) untuk mendeskripsikan dampak positif adanya kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab santri kelas VIII Mts Al-azhar Bi’ibadillah, (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab santri kelas VIII Mts Al-azhar Bi’ibadillah. Berdasarkan analisis data ditemukan (1) pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi di Mts Al-azhar Bi’ibadillah dilaksanakan diluar jam pelajaran, setiap hari minggu mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 yang diikuti oleh seluruh santri kelas VIII Mts Al-azhar Bi’ibadillah. (2) dampak pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi terhadap pengembangan bakat dan keterampilan menulis huruf Arab santri kelas VIII Mts Al-azhar Bi’ibadillah adalah dapat meningkatkan keterampilan santri dalam menulis Arab, dengan adanya ekstrakurikuler kaligrafi maka santri dapat menulis huruf Arab sesuai dengan kaidahnya. (3) faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas VIII Mts Al-azhar Bi’ibadillah adalah dukungan dari pihak sekolah dengan memberikan fasilitas yang mewadahi kepada santri, dukungan dari orang tua sangat membantu keberhasilan dan semangat santri dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang cukup memadai dapat memberikan rasa nyaman dan memudahkan santri dalam belajar kaligrafi, materi kaligrafi kufi yang tidak terlalu rumit memudahkan santri dalam membuatnya. Adapun faktor penghambatnya adalah beberapa santri yang kurang antusias dalam pembelajaran kaligrafi dan adanya santri yang belum lancar dalam menulis huruf Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Ekstrakurikuler kaligrafi; Keterampilan menulis arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:12
Last Modified: 21 Mar 2024 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item