Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan

Siregar, Rosnita Fitri (2018) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Hijab merupakan salah satu kebutuhan pokok sandang kaum muslimah. CV. Rabbani Asysa merupakan salah satu produsen hijab Indonesia dan merupakan merek yang terkenal secara nasional. Pada tahun 2015, hijab merek Rabbani merupakan peraih topbrand award yang menduduki urutan pertama namun pada tahun berikutnya 2016 dan 2017, mengalami penurunan dan berada di posisi kedua. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab Rabbani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas dan merek terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan secara parsial dan simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang harga, kualitas, merek dan teori keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan observasi. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat/ konsumen dari hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan untuk metode penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat Gay dan Airasian dalam Umar (2013). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 23. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,185 > 1,989), kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,571 > 1,989), dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (10,953 > 1,989). Secara simultan harga, kualitas dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan yakni thitung > ttabel (85,141 > 2,72). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa 75% harga, kualitas dan merek memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan, sedangkan 25% lagi dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Harga; Kualitas; Merek; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2020 02:50
Last Modified: 17 Nov 2021 02:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item