Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor penghambat dalam memperoleh sertifikasi halal Usaha Kerupuk Nasi Dewi Pupung Desa Salambue

Satriani, Depi (2023) Faktor-faktor penghambat dalam memperoleh sertifikasi halal Usaha Kerupuk Nasi Dewi Pupung Desa Salambue. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah telah menerbitkan Undang-undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mengaku kepada Hukum Perlindungan Konsumen. Peraturan yang telah diterbitkan oleh pemerintah bertujuan untuk melindungi secara hukum para pelaku usaha dan para konsumen. Namun tidak semua pelaku usaha sudah memiliki sertifikat halal pada produknya, seperti pada usaha kerupuk nasi Dewi Pupung ini belum memperoleh Sertifikat Halal pada produk makanan yang mereka buat dikarenakan oleh beberapa faktor kendala. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor kendala dalam memperoleh sertifikat halal bagi usaha kerupuk nasi Dewi Pupung di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu wawancara sebagai data primer dan buku, artikel sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan dan kendala dalam memperoleh sertifikasi halal bagi usaha kerupuk nasi Dewi Pupung di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara disebabkan oleh karena pelaku usaha belum memiliki biaya untuk mengurus sertifikasi halal, pelaku usaha masih fokus mengembangkan usahanya dan pemahaman pelaku usaha dalam mengurus prosedur sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Sertifikasi halal; Kerupuk nasi; Dewi Pupung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:15
Last Modified: 20 Mar 2024 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item