Manora, Yustika (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada angkutan PT. ALS Kotanopan Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200244.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
PT. ALS (Antar Lintas Sumatera) Kotanopan merupakan sebuah jasa transportasi umum yang ada di Sumatera Utara yang mana salah satunya berada di Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Banyaknya jasa transportasi di masa sekarang ini menjadikan banyak persaingan yang terjadi, sehingga pihak jasa transportasi khususnya PT. ALS Kotanopan ini di haruskan untuk selalu menjaga kualitas pelayanan dari PT. ALS tersebut guna untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. ALS Kotanopan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Yang mana sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji determinasi (R2), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) dengan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis, hasil uji t yaitu terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. ALS Kotanopan. Hasil uji terdapat pengaruh positif antara harga terhadap kepuasan pelanggan secara parsial pada PT. ALS Kotanopan. Hasil uji F yaitu terdapat pengaruh antarakualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara simultan padaPT. ALS Kotanopan. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan PT. ALS Kotanopan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A dan M. Fauzan, M.E.I |
Keywords: | Kualitas pelayanan; Harga; Kepuasan pelanggan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150703 Road Transportation and Freight Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 02:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 02:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10343 |
Actions (login required)
View Item |