Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pemberdayaan ekonomi pesantren dalam perspektif ekonomi islam (studi pada Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat)

Dalimunthe, Siti Sarah (2023) Efektivitas pemberdayaan ekonomi pesantren dalam perspektif ekonomi islam (studi pada Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat merupakan salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Labuhan Batu yang telah melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi dengan mengembangkan unit usahanya. Pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Ath-thohiriyah Gunung Selamat belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Padahal sangat memiliki banyak potensi pembuatan kerajinan tangan seperti: kaligrafi, buket, mainan kunci. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat). Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana pemberdayaan ekonomi Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat dan bagaimana efektivitas pemberdayaan ekonomi Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat dan untuk mengetahui efektivitas pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisa reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan menggunakan bahan referensi yang bertujuan untuk mendukung keakuratan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberdayaan ekonomi pesantren terhadap pondok pesantren sangat berperan penting. Bentuk pemberdayaan ekonomi yang utama dengan mengembangkan unit usahanya. Seperti: Kantin Pondok Pesantren Kanpontren menjual aneka makanan, sabun, perlengkapan santri dan santriwati, Usaha Catering, Usaha Kitab sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi potensi pembuatan kerajinan tangan seperti: kaligrafi, buket, mainan kunci tidak berjalan efektif dikarenakan adanya masalah keterbatasan modal yang begitu besar. Dalam pandangan ekonomi Islam tentang pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat sesuai dengan perspektif ekonomi Islam, dimana dalam operasionalnya unit-unit usaha tersebut menggunakan prinsip-prinsip ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Pemberdayaan; Pesantren Ath-Thohiriyah; Perspektif ekonomi Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:11
Last Modified: 22 Mar 2024 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item