Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah jamaah di Majelis Taklim Al-Mahabbah Kota Padangsidimpuan

Nasution, Ahmad Fauzan Shidiq (2023) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah jamaah di Majelis Taklim Al-Mahabbah Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini kurang baiknya kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah, mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah jamaah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan majelis taklim Al-Mahabbah Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mix Method. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, teknik uji Instrumen diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data ini dilakukan pada data yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner atau angket dan dapat digunakan untuk menganalisis data-data yang berbentuk angka dan perhitungan dengan menggunakan metode statistik. Untuk menganalisis data yang diperoleh dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian adalah berdasarkan dari jawaban kuesioner kualitas pelayanan yang diberikan majelis taklim bagus. Kualitas pelayanan di Majelis taklim Al-Mahabbah dilihat dari lima aspek pertama, kualitas pelayanan dari aspek Tangible, baik dilihat dari kerapian, kedisiplinan, ketua dan pengurus. Kedua Reliability, bagus, kesiapan pengurus melayani jamaah, seperti mencatat data administrasi. Ketiga Responsiveness, ketua dan pengurus memberikan Sapaan, jamaah merasa lebih dihargai oleh ketua dan pengurus. Keempat Assurance, karena sudah dianggap sebagai keluarga. Kelima Empathy, sikap ramah ketua berupa menyampaikan dengan rasa jujur, sopan, tidak membeda-bedakan jamaah. Dari hasil uji simultan peningkatan jumlah jamaah sebesar 88%. Menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah jamaah. Faktor pendukung jamaah ini memiliki pelayanan, perlengkapan, dan fasilitas yang baik. Kredibilitas diperoleh melalui kontribusi Serikat Tolong-Menolong (STM). Ketua tidak membeda-bedakan jamaah dan ustad ceramahnya tidak itu-itu saja. Namun, faktor penghambat yaitu adanya kebisingan mobil, motor, dan kurangnya tempat parkir di halaman pertemuan yang sempit menghambat ceramah sang ustad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Ricka Handayani, M.M
Keywords: Kualitas pelayanan; Majelis taklim; Peningkatan; Al-Mahabbah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:52
Last Modified: 19 Mar 2024 06:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item