Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen tahu dan tempe di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan

Rahmadani, Annisa (2023) Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen tahu dan tempe di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Bauran pemasaran berperan penting dalam dunia usaha, karena loyalitas konsumen tercipta dari strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Bauran pemasaran dianggap sebagai salah satu unsuru strategi yang paling potensial didalam memasarkan produk. Salah satu produk yang dipasarkan dipasaran yaitu tahu dan tempe. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti, beberapa konsumen mengeluh bahwa produk yang ditawarkan cenderung lebih kecil, mudah rusak, dan tipis, kemudian tempat yang cenderung kurang bersih serta kurang strategisserta harga yang tak sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Berdasarkan permasalahn tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan Judul Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Tahu Tempe Di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan.rmasalahan yang diteliti yaitu produk yang cenderung lebih kecil serta mudah rusak dibanding produk yang ditawarkan oleh pedagang lainnya, tempat yang cenderung kurang higienis serta kurang strategis dan harga ynag tidak sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan pedagang. pun pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian loyalitas konsumen, loyalitas dalam pandangan islam, pengertian pemasaran, bauran pemasaran, serta hipotesis-hipotesis mengenai produk, harga, tempat, dan loyalitas konsumen. Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji linieritas,uji multikolinieritas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial ( uji t), dan uji simultan ( uji f ). erdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunaka SPSS versi 26 diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh produk terhadap loyalitas konsumen tahu tempe, terdapat pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen tahu tempe, dan terdapat pengaruh tempat terhadap loyalitas konsumen tahu tempe. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh produk, harga , tempat, terhadap loyalitas konsumen tahu tempe di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Arbanur Rasyid, M.A dan Aliman Syahuri Zein., M.E.I
Keywords: Produk; Harga; Tempat; Loyalitas konsumen; Bauran pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:29
Last Modified: 18 Mar 2024 07:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item