Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan contexstual teaching and learning mata pelajaran SKI Kelas VII A MTsN 4 Mandailing Natal

Nasution, Mursidah (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan contexstual teaching and learning mata pelajaran SKI Kelas VII A MTsN 4 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu Guru menerapkan metode pembelajaran konvensioanl ceramah namun hasil belajar siswa rendah, guru lebih banyak menjelaskan pembelajaran sehingga proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Sehingga dalam tujuan di dalam penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam kelas VII A MTsN 4 Mandailing Natal. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar dan penggunaan model pembelajaran CTL, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena menurunnya hasil belajar pada siswa kelas VII A MTsN 4 Mandailing Natal. sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar dan penggunaan model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 40siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan hasil observasi yang dianalisis oleh peneliti dengan melakukan reduksi data, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada siklus I pertemuan 1, terdapat 28% siswa yang tuntas, sedangkan pada pertemuan 2, angka tersebut meningkat menjadi 38%. Pada siklus II, persentase siswa yang tuntas semakin meningkat menjadi 78% pada pertemuan 1 dan 95% pada pertemuan 2. Selain itu, terjadi peningkatan nilai rata-rata keseluruhan siswa dari 58,62 pada pra siklus menjadi 79,12 pada siklus II pertemuan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran SKI di kelas VII A MTsN 4 Mandailing Natal telah memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd
Keywords: CTL; SKI; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:51
Last Modified: 18 Mar 2024 06:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item